Tips dan Triks

Tips Mengatasi Kurang PD

Sumber Foto :
http://fafa-afriandi.blogspot.com
Ketika Kita ingin tampil di depan umum atau berbicara di depan umum seperti dalam acara-acara resmi yang mengundang banyak khalayak umum kadang kita merasa tidak percayaa diri atau kurang PD atau merasa ada yang kurang pada diri kita gitu…!!!Nah untuk itu saya ingin berbagi tips kepada semuanya untuk mengantisipasi rasa kurang percaya diri atau kurang PD tersebut.Berikut beberapa tips yang harus dilakukan:
Membiasakan diri
Cemas bisa menyebabkan suara gemetaran ketika Anda tampil di depan umum. Namun setelah satu menit berlalu, gemetaran itu pasti akan hilang. Anda akan lebih percaya diri jika sudah terbiasa dengan rasa cemas saat akan tampil di depan umum.

Mengalihkan perhatian
Kunci dari tetap tenang adalah tidak mencemaskan bahwa Anda sedang cemas sebelum tampil di depan umum. Jadi, alihkan perhatian seperti melakukan meditasi agar membuat perasaan takut cemas itu pergi.
Persiapan
Sebelum benar-benar tampil, Anda bisa berlatih terlebih dahulu di depan cermin. Misalnya jika Anda harus presentasi saat rapat, lakukan latihan di depan cermin seolah Anda benar-benar sedang mengalaminya.
Mengenal audiensi
Audiensi atau peserta yang mengikuti acara selama Anda tampil di depan umum harus dikenali dengan baik. Bayangkan tentang hal yang bisa membuat Anda mampu mengontrol kecemasan di tengah-tengah audiensi tersebut.
Suasana tenang
Ketika Anda akan melangkah di depan umum dan disambut dengan tepuk tangan, biarkan suasana menjadi tenang terlebih dahulu sebelum bicara. Setelah itu, ucapkan terima kasih dan segera mulai presentasi atau pidato Anda.

Kalimat pembuka
Ada kalanya Anda juga membutuhkan beberapa baris kalimat pembuka jika akan tampil di depan umum. Jangan sepelekan hal berikut ini karena jika Anda melupakan baris pertama, seluruh penampilan Anda bisa berantakan.
Mencairkan suasana
Jika suasana ketika Anda akan tampil di depan umum begitu kaku, cobalah untuk mencairkannya terlebih dahulu. Lemparkan guyonan yang lucu agar Anda bisa tampil dengan lebih baik.
Mengontrol pikiran
Ketika tampil di depan umum, Anda sebaiknya fokus dan tidak memikirkan hal lain. Sekali Anda kehilangan kontrol dalam pikiran, semuanya bisa berantakan dalam sekejap.
Interaksi
Jangan bicara seperti memberi kuliah pada pendengar. Mereka akan bosan. Lakukan interaksi dan anggap Anda sedang mengobrol dengan mereka. Selain menciptakan suasana yang lebih santai, akan timbul interaksi yang membuat Anda lebih nyaman saat bicara.
Kertas contekan
Anda juga bisa menggunakan kertas contekan untuk mencegah baris yang lupa dikatakan ketika tampil di depan umum. Namun jangan terlalu sering membacanya jika tidak ingin dianggap kurang persiapan.

Selamat Membaca…!!!!


About Edy Supra Eko

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.