Blogger Bojonegoro

9 Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

Kali ini saya akan berbagi tentang manfaat kangkung, mungkin sudah tidak asing lagi dengan sayuran satu ini, yang banyak kita jumpai di dekat pekarangan rumah kita, pasar, dan pedagang sayur keliling, biasanya saat ini pas banget waktu untuk menanam kangkung karena telah memasuki musim penghujan, kangkung merupakan tanaman tropis yang hidupnya di air dan tanah lembab, dan kangkung juga mudah tumbuh subur di daerah subtropis seperti di Indonesia umumnya dan khususnya di Bojonegoro.

Sumber Foto: https://buahku.wordpress.com
Banyak kita jumpai tanaman kangkung, soalnya sangat mudah kok cara menanamnya tidak perlu perawatan khusus seperti halnya tanaman kacang, jagung dan padi, tanaman kangkung tinggal ditanam ditempat yang lembab atau berair, nggak perlu dipupuk pun tanaman kangkung bisa tumbuh subur, nah itulah kemudahan menanam kangkung, daripada halaman pekarangan kita dibiarkan kosong lebih baik ditanami tanaman yang bermanfaat seperti tanaman toga, sayur-sayuran dan buah-buahan.

Ternyata banyak sekali manfaat sayur kangkung buat kesehatan kita diantaranya:
1. Mengatasi Insomnia : Kangkung mengandung unsur sedatif, artinya bisa membuat orang mengantuk, dan membuatnya bisa tidur dengan pulas. Hal ini karena selenium dan zinc yang terkandung didalamya bisa membuat syaraf kendur dan rilexs. Akan tetapi bagi orang yang akan memulai beraktifitas, sebaiknya tidak berlebihan mengkonsumsinya.
2. Anti Toksin dan mencegah sembelit : kangkung memiliki sifat antiracun, sehingga bermanfaat untuk meringankan sakit bisul.
3. Mengandung Zat Besi : Sama halnya dengan bayam yang mengandung zat besi, kangkung pun juga sama manfaatnya bisa menawarkan zat besi 2,5 mg per 100 gramnya, sehingga baik untuk menambah hemoglobin sehingga bis mencegah dan mengurangi anemia
4. Anti Diabetes Melitus : Kangkung yang diekstrak ternyata merupakan bantuan yang baik untuk diabetes melitus, karena zat dalam ekstrak kangkung bisa menyerap kelebihan gula dalam darah.
5. Kekebalan tubuh terhadap virus flu biasa : Kangkung ternyata sangat banyak mengandung vitamin c, sehingga merupakan penangkal serangan influenza yang sangat baik, bahkan kandungan vitamin c dalam kangkung lebih tinggi daripada buah-buahan.
6. Menyehatkan penglihatan : Kangkung juga sangat tinggi vitamin A, yaitu nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan mata kita.
7. Anti parasit usus : kangkung bila dimakan mentah dapat mengeluarkan fasciolopsis buski, yaitu cacing parasit dalam usus manusia dan hewan yang bisa menyebabkan fasciolopsiasis
8. Ibu hamil dan menyusui : kangkung dianggap aman jika dikonsumsi ibu hamil dan menyusui.
9. Kesehatan hati dan liver : Menurut penelitian, kangkung dikatakan bisa mencegah kerusakan hati. hal ini dikaitkan dengan efek senyawa kimia dalam kangkung yang berkontribusi terhadap modulasi pada enzim detoksifikasi dan antioksidan serta efek radikal bebas.

Selain manfaat untk kesehatan kangkung juga berfungsi sebagai obat, diantaranya:
1. Sebagai obat tapal, untuk mengatasi penyakit kulit, seperti kurap, kudis dll
2. Sebagai bantuan untuk keracunan, yang membantu memuntahkan kembali pada orang yang keracunan
3. Jus Kangkung yang dicampur dengan air untuk mengompres demam
4. Rebusan air kangkung bisa untuk mengobati sembelit
5. Kangkung bisa mengobati cacingan
6. Untuk mengobati penyakit kuning dan masalah liver
7. Daun kangkung bisa untuk membantu mengobati diabetes pada wanita hamil
8. Kangkung juga digunakan sebagai obat untuk membantu relaksasi dan tidur
 Sumber : www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/khasiat-dan-manfaat-kangkung.html

Demikian manfaat dan khasiat kangkung bagi kesehatan tubuh, selain itu kangkung merupakan kuliner yang sangat merakyat di Bojonegoro, banyak yang menyukai kuliner ini, biasanya lebih enak kalau di tumis, dan termasuk saya sendiri suka akan tumis kangkung, banyak kita jumpai di warung-warung di sekitar kita, pokoknya mantap banget...!!! selain murah juga sangat baik untuk kesehatan, semoga bermanfaat, terimakasih...!!!
@edysupraeko | Blogger Bojonegoro

About Edy Supra Eko

4 komentar:

  1. Hahaha, bener banget, kangkung itu kan emang bikin ngantuk, jadi bisa dijadikan obat buat mengatasi insomnia. Btw, kalau kangkung untuk anti diabet itu ada cara pengolahan khususnya kah? Kebetulan saya punya riwayat keturunan diabet nih, tapi kebetulan juga saya suka makan cah kangkung. :D

    Salam kenal,
    http://penjajakata.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mas, ya mas gemar makan cah cangkung, selain alami juga kaya kan vitamin, pun juga dapetnya juga mudah,,,:D

      Hapus
  2. baru tau kangkung mengandung zat besi dan.. baru tau bisa buat mengatasi insomnia..
    wah, kalau tau gitu setiap insomnia siangnya gue rajin konsumsi kangkung aja deh. lumayan, nambah pengetahuan :)

    BalasHapus
  3. Kalau mamah saya udah masak cah kangkung... ganyampe 10 menit udah habis haha keluarga suka banget sama olahan kangkung :D

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.