Cerita

Pengalaman Pertama Mengikuti Kegiatan Donor Darah

Pada hari Selasa tanggal 5 Desember 2017 telah dilaksanakan kegiatan Donor Darah (DD) yang bertempat di Gedung Sport Center ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) . Donor Darah kali ini merupakan yang ke-2 ,setelah sebelumnya dilakukan pada bulan Mei 2017 lalu.
Foto bersama Karyawan EMCL dan Petugas Donor Darah seusai kegiatan
Kegiatan sosial ini didukung oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan difasilitasi oleh Jaringan Informasi Masyarakat (JIM) Bojonegoro, Forum Pengurus Karang Taruna Kecamatan Gayam, dan PMI Kabupaten Bojonegoro. 

Pada kesempatan ini, saya termasuk menjadi bagian dari panitia penyelenggara Donor Darah bagi karyawan ExxonMobil Cepu Limited, dan menjadi sebuah pengalaman yang berharga dan berkesan, melalui kegiatan ini bisa mengetahui secara lebih dekat proyek migas Banyu Urip Blok Cepu didalam area mulai dari perkantoran, hingga fasilitas-fasilitas pemrosesan produksi migas. 

Awalnya, sekitar pukul 07.30 WIB kami panitia dan tim petugas donor darah sudah standby dan berkumpul di kantor PB-14, untuk menunggu waktu berangkat menuju lokasi donor darah, selang beberapa waktu kami bersama-sama menuju lokasi dengan diantar bus milik EMCL, tentu sebelum masuk semua harus mengenakan id card yang sudah diberikan, dan melalui pemeriksaan dari petugas scurity demi keselamatan dan keamanan (safety)

Di perjalanan menuju lokasi donor darah, kita bisa melihat pemandangan dari dalam proyek yaitu area persawahan yang tampak luas,dan pemukiman rumah warga di sekitar proyek migas.

Sekitar beberapa menit kita sampai di lokasi, kami dari panitia bersama-sama mempersiapkan tempat, menata stand pameran produk UKM dan lain sebagainya.

Usai menyiapkan tempat dan sebelum kegiatan donor darah dimulai, kami panitia bersama karyawan EMCL dan tim petugas donor darah melakukan foto bersama untuk dokumentasi.

Selang beberapa saat, para karyawan EMCL dan pekerja Migas datang berduyun-duyun menuju Gedung Sport Center EMCL, untuk mengikuti donor darah, sebelum melakukan donor darah peserta harus mendaftar dan mengisi formulir, kemudian melakukan cek up darah, dan selanjutnya bisa melakukan donor darah.
Peserta Donor Darah saat mengisi Formulir Pendaftaran
Sebelum donor darah dilakukan pengecekan golongan darah.
Sebanyak kurang lebih ratusan karyawan dan pekerja proyek Migas EMCL telah berpartisipasi mengikuti donor darah, dan mereka terlihat antusias. 

Peserta yang telah selesai donor darah mendapatkan bingkisan vitamin yang disediakan oleh PMI Bojonegoro dan voucher dari panitia untuk dibelanjakan di stand UKM Donor Darah. Tentu banyak stand UKM dari Desa se-Kecamatan Gayam yang ikut berpartisipasi, ada stand batik jonegoroan dari Asosiasi Pengrajin Batik Gayam (APBG), sketsa wajah, Krispy Jamur Tiram Karang Taruna Begadon, dan berbagai macam produk camilan lainnya. 

Nah, pada donor darah kali ini, saya mencoba memberanikan diri untuk ikut donor darah, dan ini merupakan pengalaman pertama kali saya ikut donor darah, maklum takut sama jarum suntik, tapi rasa takut ku mencoba ku lawan dengan keberanian. "Awalnya sih ya ndredek... , gemetar... ". Setelah dimotivasi sama teman-teman dan petugas donor darah bahwa donor darah itu "nggak sakit, ayo dicoba" akhirnya aku mencoba dan berani. Alhamdulillah bisa dan lancar...!!! Dan ternyata aku merasakan bahwa donor darah itu "nggak sakit".

Itulah sekelumit cerita pengalaman pertamaku ikut donor darah. Semoga bisa menginspirasi. 
Terima kasih...!!!
Salam....

About Edy Supra Eko

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.