Informasi

Meneladani Tokoh Pejuang Pendidikan Ki Hajar Dewantara

Hari Pendidikan Nasional atau lebih di kenal dengan HARDIKNAS jatuh pada hari ini, Sabtu(02/05/2015). Tanggal 2 Mei diplih sebagai hari pendidikan karena tanggal tersebut merupakan tanggal lahir Ki Hajar Dewantara sebagai bapak Pendidikan Nasional Indonesia, tokoh yang berjuang membela hak-hak dalam mendapatkan pendidikan di tengah-tengah masa penjajahan Belanda, karena pada saat itu terjadi diskriminasi hanya anak-anak dari orang Belanda yang boleh mengenyam pendidikan.

Oleh karena itu, beliau berusaha menentang Belanda dengan kritikannya dan berbuah pengasingan dirinya ke negara Belanda, akan tetapi sepulangnya dari Negeri Kincir Angin, beliau justru mendidrikan Taman Siswa pusat belajarnya anak-anak Indonesia tahun 1922 di Jogjakarta.

Tokoh pejuang pendidkan yang terkenal dengan semboyan Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani diterjemahkan menjadi mereka orang-orang di depan harus memberi contoh, mereka ditengah harus membangkitkan semangat dan mereka di belakang harus memberikan kekuatan atau dorongan.

Dan pada tahun 2015 ini pemerintah mengambil tema "Pendidikan dan Kebudayaan Sebagai Gerakan Kecerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila". Sebuah tema yang sangat baik semoga bisa membawa pendidikan di Indonesia lebih berkualitas dan terdepan di dunia internasional.

Dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) ini menjadikan motivasi dan semangat kita untuk tercapainya tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

@edysupraeko

About Edy Supra Eko

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.