Artikel

Mengenal Beragam Manfaat Pisang

Pisang atau orang jawa menyebutnya Gedhang merupakan buah yang banyak kita jumpai dimana-mana dan bisa tumbuh disetiap daerah di Indonesia,seperti di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, hampir disetiap Desa banyak kita jumpai tanaman pisang,baik dipekarangan rumah ataupun di kebun pisang.

Tanaman Pisang yang berada di pekarangan rumahku
Banyak sekali manfaat dari tanaman pisang,mulai akar hingga daunnya,dari bonggol bisa dimasak buat camilan,batangnya/gedebok nya bisa dijual sebagai bahan kardus,pelepahnya bisa digunakan sebagai kayu bakar yang sudah dikeringkan,daun nya bisa dipakai untuk membungkus makanan dan bisa dijual,bunganya/endut nya bisa dimasak/dioseng-oseng yang kaya akan protein serta buahnya bisa dijual di pasar dan buah yang sudah masak kaya akan manfaat selain banyak mengandung vitamin c, juga bisa dibuat hidangan saat acara syukuran dan juga bisa dibuat kripik,jus,ledre dan lain sebagainya.

Orang desa sudah sangat akrab sekali dengan pisang alias gedhang ini, selain mudah cara menanamnya juga mudah mendapatkannya hampir disetiap pekarangan rumah ditanami pisang.Banyak macam aneka pisang ada pisang raja,pisang mentek,pisang sobo,pisang emas,pisang ijo dan masih banyak lagi.

Buah pisang biasanya dimakan ketika selesai makan, orang desa menyebutnya Gedhang diartikan digeget bubar madhang artinya dimakan setelah makan nasi, istilah kerennya sebagai cuci mulut

Pisang Raja yang sudah masak siap di santap
Dan dari tanaman pisang bisa diambil filosofi pembelajaran bagi manusia bahwa tanaman pisang tidak akan mati bila belum berbuah,apabila batang yang masih muda dipotong pasti akan tumbuh kembali hingga menghasilkan buah yang bermanfaat bagi manusia. Begitupun kehidupan manusia sebelum ia meninggal dunia juga harus bisa bermanfaat bagi orang.

Yuk, kita manfaatkan pekarangan kita untuk ditanami pisang alias Gedhang karena manfaatnya banyak lhooo...

Ya mungkin sekedar itu pengetahuan saya mengenai Pisang/Gedhang bila berkenan bisa teman-teman kasih masukan atau saran di kolom komentar.Terimakasih...!!!

About Edy Supra Eko

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.